Rabu, 28 April 2010

modern = kerusakan alam ????

Alam? Teknologi?
Apakah dua hal ini adalah sesuatu yang berlawanan?

Pada jaman yang dipenuhi teknologi ini seringkali kita mendapat bahwa teknologi yang diciptakan manusia justru menyebabkan kerusakan alam. Apakah selalu begitu?
Contohnya saja seperti kantong plastik yang sangat praktis untuk digunakan atau sebutlah sedotan. Barang-barang ini adalah pembantu manusia yang sangat banyak kegunaannya. Di lain sisi, barang-barang ini telah menyebabkan sampah semakin banyak. Belum lagi TPA yang sudah semakin dikit lahannya karena terlalu banyak sampah yang dihasilkan setiap harinya. Sesuatu yang selama ini memudahkan hidup kita malahan sekarang adalah hal yang akan mengakibatkan bencana.  

Terpikir oleh saya mengenai suku-suku di Indonesia yang tradisinya mengharuskan mereka menjaga dan mencintai alam. Memang mereka terlihat sungguh kuno sekali dengan rumah mereka yang tidak ada TV nya atau mereka tidak memiliki handphone. Jangankan punya, sepertinya tau tentang teknologi itu pun tidak. Lucu sekali membayangkan mereka bermain dengan teknologi itu. 

Di balik kebutaan mereka dengan teknologi, justru merekalah masyarakat jaman sekarang yang paling dicintai alam (kalau alam bisa bicara). Mereka tidak pernah buang sampah sembarangan dan menebang pohon-pohon untuk dijadikan tempat mereka. Memang teknologi diciptakan untuk membantu manusia dan betul kalau semua itu membantu dalam pekejaan kita. Saya percaya bahwa dunia yang kita tempati ini bukanlah sesuatu yang abadi atau kekal tetapi apakah betul dengan adanya teknologi?. Saya berpikir kalau ini karena keserakahan manusia atau sesuatu yang berkelebihan. Semua dipakai diluar batas kewajaran dan hanya untuk kepentingan semata. Manusia dilahirkan sebagai makhluk yang paling sempurna dan seharusnya menjaga yang ada di bumi ini karena kita adalah pemimpin dengan akal yang sangat baik  

Semoga tulisan ini dapat membuat kita menjadi lebih menghargai alam dan menemukan solusi yang baik cepat atau lambat :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar